BAGAIMANA CARA MENGGANTI MOTOR BLOWER AC MOBIL

Blower motor AC mobil tidak berfungsi? Kami mencoba untuk membantu anda dengan panduan singkat ini. Agar dapat membantu bagaimana cara mengganti motor blower yang rusak. Panduan ini akan memberikan gambaran kepada anda bagaimana dan apa saja yang dilakukan dalam mengganti blower ac mobil.

APA YANG MENJADI MASALAH?

Motor blower adalah motor listrik ukuran sedang 12 volt (DC) berukuran sedang yang menarik sejumlah arus listrik (sekitar 15 amp) yang pada waktunya dapat terbakar dan berhenti bekerja atau rusak. Ketika motor blower termakan usia arus listrik yang diperlukan untuk menjalankan motor meningkat dan membebani sistem kelistrikan yang dapat menyebabkan masalah tambahan. Ini dikarena bantalan pada motor dan keausan sikat yang terjadi pada motor jenis ini. Keausan ini kadang-kadang dapat diketahui dengan bunyi detak atau derit yang terdengar saat kipas beroperasi.

Ketika motor blower ini rusak, satu dari tiga hal telah terjadi, pasokan listrik telah berhenti, motor telah terbakar atau sistem gagal. Tanda tanda dari motor telah rusak adalah ketika sistem menyala dan mobil melindas lubang atau polisi tidur kemudian motor akan mulai bekerja. Ini memberi tahu Anda bahwa sikat telah aus dan motor blower perlu diganti.

Motor blower dapat ditempatkan di salah satu tempat yang berada di bawah dasbor atau kap di sisi penumpang kendaraan. Ada satu motor blower yang berfungsi untuk semua mode kontrol iklim (ini tergantung dimana anda tinggal): pendingin ruangan, pemanas, dan defroster. Beberapa pabrik mempersulit untuk mencapai nya dan Anda perlu melepas rumah (kotak) lengkap atau sebagian untuk penggantian, tidak semua mobil seperti ini.

1: MEMBUKA MOTOR BLOWER

Mulailah dengan memeriksa di bawah kap dan mencari di sekitar sisi penumpang seperti yang terlihat seperti ini:

Jika Anda tidak dapat menemukan motor blower di bawah kapnya, maka ia akan terletak di bawah dashboard di sisi penumpang. Lepaskan sekrup pemasangan panel bawah untuk menjangkau motor blower agar mudah dilepaskan dilepaskan.

Lokasi motor blower ini berada di bawah dasbor.

 

2. GANTI MOTOR BLOWER

Temukan dan lepaskan kabel AC motor blower dengan melepaskan tab pengaman di sisi konektor. Konektor ini dapat memiliki satu atau empat kabel tergantung apakah sistem dikontrol secara manual atau otomatis. Sistem yang berbeda ini akan bertanggung jawab pada kecepatan kipas dengan menggunakan pengontrol kecepatan yang dipasang pada resistor.

Setelah konektor listrik dilepas periksa kondisinya sambil mencari terminal yang mulai rusak atau terbakar yang merupakan tanda resistensi tinggi atau peningkatan arus listrik. Jika konektornya meleleh, harus diganti dengan penyambungan di bagian baru yang bisa Anda dapatkan dari dealer, toko onderdil mobil atau toko online. Disamping konektor, yang terbaik adalah menyatukan kabelini secara bersama-sama untuk mengurangi hambatan yang dapat membantu motor blower bertahan lebih lama.

Cari motor pemanas dan sekrup pemasangan yang menahannya ke dalam kotak. Sekrup ini dipasang di wadah plastik dan tidak terlalu kencang sehingga mudah dilepas. Beberapa sekrup ini tidak terlihat dan ada di bawah, tab plastik atau kabel bisa juga gunakan kaca kecil jika diperlukan untuk melihatnya.

Mulailah dengan melepas sekrup pemasangan satu per satu. Motor blower kemudian akan mulai lepas. Sambil memegang motor blower di tempatnya lepaskan sekrup terakhir.

Setelah semua sekrup terlepas, pegang motor dan lepaskan dari tempatnya. Ini bisa memerlukan beberapa trik, jadi tahan dan berhati-hatilah agar tidak merusak bilah kipas (sangkar tupai) terhadap blower.

3. PASANG MOTOR BLOWER BARU

Setelah motor lama dilepas, bandingkan dengan unit baru. Dalam beberapa kasus pengontrol kecepatan elektronik digunakan dalam sistem yang dikendalikan suhu dan perlu ditransfer ke motor baru tetapi ini tidak harus. Pada beberapa unit pengganti, Anda harus memindahkan kipas lama ke unit baru. Ini dilakukan dengan melepaskan mur atau klip pemasangan dan kemudian memaksa kipas lepas dari poros motor menggunakan obeng standar yang besar. Jangan gunakan oli atau pelumas apa pun untuk membantu pemasangan kipas ke motor pengganti karena akan memungkinkan kipas tergelincir pada poros yang akan menimbulkan masalah.

Sebelum memasang motor baru, periksa apakah ada penghalang yang jelas seperti kotoran, tongkat, pulpen , pencabut gigi atau mainan kecil yang dapat masuk ke sistem melalui lubang masuk atau lubang keluar. Benda benda kecil ini dapat membuat motor blower ac dari bekerja dengan baik dan dapat menyebabkan kegagalan. Ketika unit baru siap dipasang, pasang motor dengan bermanuver dan memutarnya dengan lembut. Kemudian dorong kembali ke dalam sambil melapisi lubang pemasangan.

Sementara motor berada di tempat mulai memasang sekrup pemasangan sambil memegangnya. Jangan kencangkan salah satu sekrup sampai semua sekrup telah dipasang dengan tangan. Ini akan membuat instalasi menjadi lebih mudah tanpa potensi melepas sekrup. Kencangkan setiap sekrup dalam pola silang, jangan terlalu kencang. Ini akan memastikan kipas terpasang dengan tepat dalam rumahnya. Jika langkah ini tidak dilakukan dengan benar, hal itu dapat menyebabkan suara gesekan atau bunyi klik saat motor blower dijalankan.

Periksa tang konektor penempatan kabel yang menunjukkan arah konektor sebelum dipasang ke motor. Tang ini untuk memastikan Anda  memasang konektor dengan benar sehingga tidak akan menyebabkan masalah listrik atau korsleting.

Kemudian dengan hati-hati masukkan kembali konektor listrik motor kipas blower dengan menahannya pada posisinya. Anda harus mendengar bunyi klik yang memberi tahu Anda bahwa konektornya dipasang dengan benar. Tarik perlahan kabel untuk memastikan pemasangan yang benar. Kemudian pasang kembali penutup dasbor bawah dan pasang sekrup pemasangan dengan tangan. Kencangkan mereka, jangan terlalu kencangkan.

Terakhir nyalakan mesin dan nyalakan AC mobil dan dengarkan suara kipas yang keluar. Itu harus terdengar halus dan bertiup dari ventilasi dalam aliran yang kuat. Jika Anda mendengar derak, cicit atau detakan matikan sistem dan lepaskan motor blower untuk memeriksa kembali instalasi.

Dianjurkan untuk membawa kendaraan anda pada bengkel terpercaya yang mempunyai mekanik ahli untuk melakukannya….
Dapat segera menghubungi Bengkel AC mobil Setia Karya untuk mendapatkan pelayanan serta harga terbaik

 

PENGGANTIAN MOTOR BLOWER AC MOBIL
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *