YANG PERLU DIKETAHUI TENTANG AC MOBIL ANDA

Bagaiman cara kerja AC ?

Kita semua menginginkan hembusan udara dingin yang mantab dari mobil kita, terutama bila harus berkendara di kota besar yang iklimnya panas seperti indonesia pada umumnya. Ketika AC mobil memberikan kesejukan pada hari yang panas dan berkeringat, itu adalah yang obat yang manjur bagi kita.
Namun, percaya atau tidak, tidak ada mesin es di dalamnya…
Bahkan, udara dingin yang dihasilkan oleh sistem AC mobil Anda sebenarnya adalah udara panas dengan gas panas yang dibuang dalam beberapa proses.

Proses kerja yang rumit tetapi kita tidak akan membahas mengenai itu. Proses itu hanyalah tentang perubahan tekanan yang menyebabkan perubahan suhu.
Ketika AC dinyalakan dan kompresor menekan Freon untuk menaikkan suhu. Hingga kehilangan panas saat mengalir melalui kondensor. Melewati drier di mana uap air dikeluarkan, dan kemudian ke katup ekspansi / akumulator di mana freon diperlambat, menyebabkan hilanganya tekanan dan suhu sebelum sampai ke evaporator.
Evaporator seperti radiator mini di dalam dasbor kendaraan Anda yang menjadi dingin karena semakin menurunnya suhu refrigeran dan menghilangkan uap air dari udara.
Motor blower pada sistem ventilasi meniupkan udara dari evaporator yang sudah dingin dan menhembuskan udara dingin ke dalam kabin penumpang.

Anda sudah mengetahui semua bukan… Jika Anda memiliki masalah dengan AC mobil, jangan ragu menghubungi kami Setia Karya AC untuk pengecekan AC mobil anda.

Seberapa sering AC harus diperiksa ?

Bagaimana hawa kabin mobil di perjalanan Anda? Apakah Anda merasa sejuk dan dingin dengan aliran udara penuh saat AC Anda dinyalakan? Nah, jika Anda menjawab “Ya, berarti kita tidak perlu melakukan apa apa,” Anda dapat mencoret pemeriksaan AC dari daftar Anda.

Untuk semua jawaban “Tidak”: apakah Anda berhadapan dengan “AC saya tidak cukup dingin” atau “setelah lama dinyalakan baru dingin,” , kunjungi kami untuk pemeriksaan kinerja AC dan kami akan mengembalikan fungsi AC mobil anda dengan maksimal.

Seberapa sering AC saya harus “diisi ulang”?

Ketika hembusan udara dalam kabin mobil anda tidak berasa dingin seperti sebelumnya. Cukup sederhana bukan. Sistem AC yang terpelihara dengan baik tidak perlu di cek ulang. Tetapi, itu jika Anda beruntung, karena semakin bertambah usia kendaraan maka pasti ada komponen yang mulai rusak maupun rusak.

Jika Anda mulai menyadari bahwa AC Anda tidak mencapai suhu dingin yang sejuk, pastikan untuk memeriksa AC anda. Dalam situasi ini, kebanyakan mobil akan kekurangan Freon. Dan karena AC adalah sistem tertutup rapat, kekurangan Freon adalah tanda besar bahwa ada sesuatu yang tidak Kompresorbenar. Ini bisa berupa kebocoran kecil yang perlu perhatian atau mungkin bagian dari AC gagal – bawa dan kami akan melakukan Pemeriksaan Kinerja AC dan sampai ke akar masalah. Kami akan membuat Anda kembali merasa dingin, sejuk dan merasa nyaman lagi.

Apa itu zat pendingin/freon ?

Biasanya disebut oleh nama dagang DuPont Freon, Freons yang paling umum adalah R-12, R-134A, dan segera, HFO-1234yf. Freon sangat mirip dengan oli motor dan pendingin radiator karena itu adalah cairan yang bekerja yang dirancang untuk sistem tertentu; Dalam hal ini, sistem AC Anda.

Refrigeran adalah campuran yang diformulasikan secara khusus yang tujuannya adalah untuk mengubah udara panas menjadi udara dingin. Ia melakukan ini dengan menyerap dan melepaskan panas, akhirnya menghasilkan udara sejuk saja.

Freon adalah klorofluorokarbon (CFC) zat utama yang digunakan pada AC.

Berapa banyak bagian yang membentuk sistem AC mobil?

Sistem AC Anda terdiri dari lima bagian utama, semua bekerja sama untuk mendinginkan Anda dan semua orang yang berada dalam kabin mobil anda.

Sebagian besar sistem AC dibangun dengan:

  1. Kompresor
  2. Kondensor
  3. Reciver drier/Akumulator
  4. katup Ekspansi/Expansion valveKompresor
  5. Evaporator

Sistem AC Anda juga terdiri dari selang dan port pengisian refrigeran, tetapi pekerjaan yang signifikan terjadi di lima bagian yang tercantum di atas. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang setiap bagian yang membentuk sistem AC Anda dimulai dengan pertanyaan berikutnya.

Apakah kompresor AC ?

Kompresor adalah inti, bagian utama dari setiap sistem AC. Jika Anda ingin tetap tenang, kompresor berfungsi sangat penting.

Kompresor:

  • Tekanan refrigeran yang mendinginkan udara.
  • Pengatur perubahan suhu: Compressors memonitor dan mengontrol output temperatur dengan pengatur yang dioperasikan secara elektrik. pengatur ini menyala dan mati setiap kali Anda mengubah suhu, pilih pengaturan aliran udara yang berbeda atau ketika menaikan maupun menurunkan suhu.
  • Didukung oleh sabuk serpentine: Sabuk berliku yang bertanggung jawab untuk menyalakan banyak komponen penting, termasuk kompresor AC Anda.

 

Tanda-tanda kompresor yang aus: Kebocoran minyak atau Freon, kebisingan, dan tidak menentu atau tidak ada berjalan merupakan indikasi bahwa kompresor mungkin perlu diganti. Kami dapat memeriksa mobil Anda untuk kebocoran menggunakan mesin LAX. Sangat susah untuk dapat melihat kebocoran, tetapi dengan mesin LAX dapat mendeteksi kebocoran kimia bahkan jika tidak ada cairan yang terlihat. Ya, Anda bisa mengatakan kami cukup berpengalaman disini.

Apakah kondensor AC ?

Anggap saja master pengubah gas pendingin panas menjadi cairan. Kondensor dipasang di bagian depan sebagian besar kendaraan, biasanya di depan radiator. Udara melewati kondensor, mengubah gas pendingin panas menjadi cairan pendingin cair yang kental.

 

Kondensor AC adalah:

  • Ditemukan Di depan radiator dan sering disebut sebagai radiator mini
  • Master pendingin. Dan masih tetap dibutuhkan. Kondensor memancarkan gas pendingin panas yang telah masuk dari kompresor, mengurangi suhu dan tekanannya, mengubahnya menjadi cairan yang bergerak ke AC Dryer.

 

 

Tanda-tanda kondensor yang aus:

  • Kebocoran
  • Sirip atau tabung tersumbat, berkarat atau rusak
  • Performa AC buruk

Apa receiver/drier ?

Penerima atau pengering ditemukan pada kendaraan dengan katup ekspansi termal. Ini adalah jaring pengaman yang bertanggung jawab untuk menjebak semua kotoran, kelembaban, dan cairan berbahaya dari jangkauan kompresor dan bagian AC vital lainnya.

Peran receiver / drier:

Pemisah gas dari cairan. Jika cairan tidak dipisah dalam drier, cairan tersebut bisa masuk dan menghancurkan kompresor Anda (Kompresor tidak dirancang untuk menangani cairan. Hanya gas).

Menghilangkan kelembaban. Untuk menangkap uap air, digunakan desiccant. Desiccant mirip dengan penghilang uap yang Anda temukan dalam kemasan perangkat elektronik baru.

Menyaring kontaminasi. Tidak ada yang menginginkan sistem AC yang terkontaminasi. kontaminasi dapat menyebabkan keausan komponen yang dipercepat dan korosi yang merusak.

Fakta: Jika ada kelembapan dalam kompresor Anda, ini bisa bercampur dengan Refrigerant dan menciptakan asam korosif yang sangat merusak.

Gejala recevier / drier yang aus:

  • Performa AC buruk
  • Kelembaban pada kaca dan / atau ketidakmampuan defroster untuk menghilangkan kelembaban dari kaca dan jendela

receiver / drier harus diganti dalam situasi berikut:

  • Setiap kali sistem AC dibuka untuk diperbaiki, receiver/drier harus diganti.
  • Ketika teknisi telah menentukan kadar air atau kotoran telah secara permanen merusak kinerja receiver/drier Anda.

Apa katup ekspansi termal/expansi valve/ – tabung orifice ?

Tabung orifice atau katup ekspansi termal (expansi valve) terletak di antara kondensor dan evaporator. Tugasnya adalah selalu memantau tekanan dan suhu sistem AC Anda untuk menentukan jumlah persis refrigeran yang dapat masuk ke evaporator dengan aman. Sebuah tabung orifice juga dapat berisi filter halus untuk memblokir kontaminasi dari sisa sistem.

Fakta: Jika terlalu banyak atau terlalu sedikit refrigeran memasuki evaporator, bisa menjadi masalah kepada anda. Fungsi yang tepat dari katup ekspansi termal atau tabung orifice sangat penting untuk operasi sistem AC yang sehat dan baik.

Tanda-tanda tabung orifice yang aus atau katup ekspansi termal:

  • Performa sistem AC yang buruk
  • Ketika seorang teknisi telah menentukan itu telah menjadi kotor atau tersumbat

 

Apa itu evaporator ?

Evaporator bertanggung jawab untuk mendinginkan udara dan menghilangkan kelembaban. Jika dingin, udara menyegarkan tertiup ke wajah Anda, evaporator Anda bekerja sangat baik.

Evaporator:

  • Terletak tepat di belakang dasbor Anda. Evaporator adalah pemberhentian terakhir dan paling penting sebelum udara dingin tersebar ke kabin mobil.
  • Mendinginkan udara dengan refrigeran. Tekanan rendah Refrigeran yang berjalan melalui evaporator menyerap panas dari kompartemen penumpang yang menurunkan suhu evaporator. Udara yang ditiup dari evaporator yang dingin kemudian keluar dari ventilasi yang memberikan rasa dingin yang Anda harapkan.
  • Mulai aliran udara dingin. Tahap terbaik dan sanga akhir. Udara dingin seharusnya meniup ventilasi Anda berkat kerja keras evaporator.

 

Gejala-gejala dari evaporator yang aus:

  • Performa sistem AC yang buruk

Apa itu kompresor clutch ?

Sebelum kompresor menyala, kopling elektro-magnetik khusus, yang disebut “kopling kompresor”, diperlukan untuk menarik dan melepaskan siklus kompresor. Kopling kompresor memberitahu kompresor ketika untuk menyalakan atau mematikan sehingga Freon (refrigeran) ditekan dengan benar untuk digunakan oleh kondensor yang kemudian dikirim ke evaporator di mana dinginnya dimulai.

Mengalami masalah AC ? Jadwalkan Pemeriksaan Kinerja AC hari ini.

Apa itu saklar clutch cycling ?

Fungsi saklar clutch cycling adalah mengontrol suhu di inti evaporator untuk mencegah dari pembekuan. Meskipun sebagian besar mobil dapat menghembuskan udara pada suhu rendah, suhu di dalam inti evaporator bisa menjadi cukup dingin untuk membekukan seluruh inti sepenuhnya. Tidak baik! Tugas clutch cycling adalah memastikan suhu evaporator tidak mencapai titik suhu terendah.

Gejala saklar clutch cycling yang gagal:

  • Evaporator membeku
  • Evaporator tidak cukup dingin

 

Apa itu port pengisian refrigeran ?

Port pengisian refrigeran adalah titik koneksi di mana refrigeran baru dapat masuk ke sistem selama pengisian ulang sistem AC. Port Anda biasanya terletak pada selang AC yang lebih besar di dekat atau di akumulator.

Perhatian: Hanya orang yang memiliki peralatan lengkap dan berkualitas yang harus melakukan layanan pengisian ulang AC.

Kami memiliki mesin LAX untuk segala permasalahan anda, hingga tidak perlu membongkar sistem ACĀ  mobil untuk memeriksa kerusakan AC maupun isi freon.

 

 

 

 

Segera hubungi kami untuk memeriksa permasalahn ac mobil anda

MENGETAHUI TENTANG AC MOBIL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *